Pelepasan Peserta Didik Dalam Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2024

Cilacap (TIM PDPP)- Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap melakukan pelepasan peserta didik yang akan mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2024. (31/08/2024)

Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional (KSM ) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. KSM menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat dibidang sains. Momentum kegiatan KSM ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas, dan mengasah minat serta bakat siswa menuju era mileneal yang akan datang. Pada minggu pagi, 1 September 2024 tiga terbaik siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap mengikuti ajang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional, yang berlangsung di kota Ternate Maluku Utara. Kegiatan ini belangsung selama satu pekan 2 -7 September 2024, mereka adalah Nabila Nur Aini (Matematika), Nadzira Putri Auliyani (Geografi), dan Arina Marthazzahra (Ekonomi).

Bapak H. Mahmudin, S.Pd, M.Ag berpesan kepada seluruh stakeholder supaya mendukung dan mendoakan delegasi dari Mandala untuk KSM. “Kita semua harus turut mendoakan anak-anak hebat kita diajang yang bergengsi seperti KSM Nasional ini. Apapun hasilnya, kita serahkan kepada Yang Maha Kuasa”, tukasnya. Setelah pelepasan di Madrasah, para peserta KSM bertolak ke Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah (Semarang) dengan didampingi oleh Indah Kurniawati, M.Pd., Neni Setiawati, M.Pd. dan Darul Rahmadi, S.Pd. sebagai pembimbing.

Sementara itu dihari yang sama, tepatnya pada waktu malam hari. Bertempat di Masjid Al-Hikmah, Kanwil Kemenag Jateng (Semarang) dilaksanakan pelepasan peserta KSM perwakilan Provinsi Jawa Tengah dengan dibarengi kegiatan istighotsah bersama. Acara ini diikuti oleh 52 peserta KSM beserta seluruh pendampingnya. Pelepasan sendiri dipimipin oleh H. Ahmad Faridi, S.H.I. selaku Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jateng. Saat pelepasan berlangsung, seluruh peserta didik dari berbagai Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah terlihat antusias dan bersemangat untuk berkompetisi ditingkat Nasional.

MANDALA BERDUKA

MAN 2 Cilacap berduka. Kedukaan yang mendalam sangat dirasakan oleh keluarga besar MAN 2 Cilacap dengan wafatnya salah satu guru terbaiknya yaitu ibu Umi Sarotun, S. Ag. Khafidhah yang telah mengabdikan dirinya sejak 2002 ini kini telah berpulang ke haribaan Allah swt pada hari Sabtu tanggal 03 Agustus 2024 pukul 21.15 WIB di RSUD Majenang, Kabupaten Cilacap.

Pemakaman jenazah dilaksanakan pada hari Ahad, 04 Agustus 2024 di pemakaman umum desa Cilumuh tempat kediaman almarhumah. Hadir dalam acara pelepasan jenazah kepala MAN 2 Cilacap, H Mahmudin, M. Ag., beserta seluruh guru, pegawai, dan pengurus komite, Kepala MAN 3 Cilacap, Drs. Muntohar, dan Kasi Pontren Kankemenag Kab Cilacap, Banu Tholib, MM.

Kepala MAN 2 Cilacap memberikan sambutan dengan menyampaikan keterangan bahwa sesungguhnya orang yang wafat di jalan Allah mereka itu tidak mati. Mereka hidup di sisi Allah dengan rezeki yang tercurahkan. Mereka yang wafat tidaklah bersedih melainkan berbahagia bahkan bergirang hati karena balasan atas keimanan dan perbuatan baik mereka saat masih hidup di dunia. (mm)

Tes Diagnostik Sebagai Upaya Mengakomodasi Bakat dan Minat Peserta Didik Kelas X

Cilacap- Tempo hari, MAN 2 Cilacap melaksanakan tes diagnostik kepada peserta didik kelas X. Hal ini dilakukan untuk  memperoleh data dan informasi bakat dan minat peserta didik. Data yang didapatkan akan digunakan Madrasah sebagai acuan pembagian kelas, Selasa (16/7)

Pelaksanaan tes diagnostik ini dilaksanakan saat kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MAN 2 Cilacap. Adapun siswa yang mengikuti tes tersebut berjumlah 502 peserta. Seluruh siswa kelas X di tahun pelajaran 2024-2025 ini berasal dari berbagai daerah di sekitar Kabupaten Cilacap. Tes diagnostik ini terdiri dari asesmen prasyarat intrakurikuler dan asesmen gaya belajar. Tujuan asesmen prasyarat intrakurikuler untuk mengidentifikasi penguasaan materi prasyarat sehingga guru dapat mengatur strategi pembelajaran dikelas. Asesmen praintrakurikuker terdiri dari asesmen mapel Matematika Fisika ,Kimia Biologi, Bahasa Indonesia, Sejarah ,Ekonomi , Sosiologi ,Geografi dan Bahasa Inggris yang jumlah total soal ada 77 soal.

Sebagai informasi, bahwa di tahun ini adalah tahun ketiga MAN 2 Cilacap melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Sebagai salah satu madrasah piloting IKM di kabupaten Cilacap, MAN 2 Cilacap berupaya semaksimal mungkin melaksanakannya dengan baik dan benar. Sebagai upaya maksimal implementasi kurikulum merdeka ini  diadakanlah tes diagnostik. Harapannya, siswa akan mengikuti pembelajaran berdasarkan bakat, potensi diri, dan minat mereka. (AA)

Penerimaan Tamu Ambalan : Satukan Kebersamaan Bangunlah Kedisiplinan Tuk Membentuk Karakter yang Bijaksana

Cilacap, 20 Juli 2024- Pelaksanaan penerimaan tamu ambalan pada tanggal 19 sampai 20 Juli 2024 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap. Pembukaan ini dibuka oleh Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap H. Mahmudin, S.Pd.,M.Pd.

Pelaksanaan pendidikan bagi pramuka penegak dan pandega lebih dititikberatkan kepada peningkatan keterampilan dan kepemimpinan. Oleh karena itu pembinaan dan pengembangan pramuka penegak dan pandega harus diarahkan pada kegiatan yang dikelola mandiri. Kegiatan-kegiatan yang bersumber dari pramuka, oleh pramuka dan untuk Pramuka Penegak dan Pandega.

Kegiatan-kegiatan pramuka penegak dan pandega harus mengandung nilai-nilai edukatif, kreatif, serta menarik yang mengandung pembinaan dan pengembangan generasi muda. Diharapkan di kemudian hari dapat lebih mampu untuk membina dan mengisi kemerdekaan bangsa. Kegiatan tersebut tentunya yang senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, perkembangan emosional, perkembangan sosial, perkembangan intelektual dan perkembangan spiritual.

PTA Penerimaan Tamu Ambalan yaitu menerima dan untuk melantik siswa-siswi kelas X menjadi anggota Pramuka Penegak. Atas dasar tersebut, maka gugus depan majenang 14.221 & 14.222 Ambalan KH. Sufyan Tsauri dan Ny. Hj. Siti Maemunah Sufyan Tsauri dipandang perlu untuk menyelenggarakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan Tahun 2023/2024 sebagai refleksi serta apresiasi terhadap pembinaan dan pengembangan kaum muda Indonesia melalui Gerakan Pramuka, dengan tetap mengikuti arahan dan aturan pemerintah.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan Penerimaan Tamu Ambalan ini antara lain :
1) Meningkatkan kualitas anggota Gerakan Pramuka khususnya Ambalan KH. Sufyan Tsauri dan Ny. Hj. Siti Maemunah Sufyan Tsauri.
2) Menanamkan jiwa rela menolong dan ikhlas bakti sesama manusia.
3) Menumbuh kembangkan rasa kemandirian masing-masing anggota Pramuka.
4) Membentuk mental yang baik sehingga memiliki kesiapan yang dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
5) Mempererat persaudaraan, persatuan dan kesatuan diantara penegak.
6) Memperkenalkan Ambalan KH. Sufyan Tsauri dan Ny. Hj. Siti Maemunah Sufyan Tsauri kepada peserta didik baru.

(jr)

Masa Taaruf: Mewujudkan Generasi Berakhlakul Karimah, Berbudaya, Berprestasi menuju Madrasah Mendunia

Cilacap, 18 Juli 2024- Orientasi siswa adalah kegiatan pengenalan madrasah yang dilakukan untuk menyambut peserta didik baru. Jika di sekolah negeri atau swasta dikenal dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS), berbeda halnya dengan sekolah di lingkungan pesantren.

Matsama adalah akronim dari Masa Taaruf Siswa Madrasah yang merupakan kegiatan pengenalan lingkungan madrasah pada awal tahun ajaran baru di tingkat MI, MTs, dan MA.

Kegiatan Matsama diselenggarakan oleh madrasah dengan melibatkan guru dan dapat dibantu oleh siswa apabila jumlah guru terbatas atau kurang memadai. Siswa atau peserta didik yang membantu juga merupakan anggota pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) atau Majelis Perwakilan Kelas (MPK).

Kegiatan matsama dibuka pada hari senin, tanggal 15 Juli 2024 oleh Kepala MAN 2 Cilacap Bapak H. Mahmudin, S.Pd. M.Ag. Matsama (masa ta’aruf siswa madrasah) Tahun 2024-2025 menjadi program tahunan setelah proses PPDB selesai di laksanakan untuk kegiatan awal mengenalkan lingkungan madrasah kepada siswa baru.

MATSAMA atau Masa Taaruf Siswa Madrasah adalah masa orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah kepada siswa-siswi baru. Baik pengenalan kegiatan rutin madrasah, fasilitas madrasah, ciri khas madrasah, nilai, norma, tata tertib madrasah, serta karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah.

Dengan diselenggarkannya Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2024-2025, peserta didik baru akan lebih mengenal serta memahami lingkungan madrasah. Tidak hanya itu, dalam kegiatan Matsama, peserta didik baru juga dibekali dengan materi-materi oleh madrasah.

Materi yang perlu di perkenalkan dalam kegiatan MATSAMA MAN 2 CILACAP Tahun pelajaran 2024/2025 ini antara lain adalah sosialisasi tata tertib madrasah, pengenalan tenaga pendidik dan kependidikan madrasah, pembekalan materi terkait proses pembelajaran di Madrasah, kiat-kiat dalam belajar, ekstrakulikuler dan sebagainya.

Penutupan matsama ini dilaksanakan pada tanggal 18 juli 2024, di ikuti oleh siswa-siswi baru. (Publikasi-jr)

Pelatihan dan Praktek Pengelolaan Hewan Qurban MAN 2 Cilacap

Cilacap, 20 Juni 2024 – Pelatihan dan praktek pengelolaan hewan qurban diikuti dari panitia, osim, formaba dan perwakilan kelas masing-masing di halaman MAN 2 Cilacap.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Madrasah Bapak Drs. Muntohar, didampingi Ketua TU Bapak H. Cartim, S.Pd.I dan Ahmad Mujdtahid, S.Pd.

Penyembelihan hewan qurban langsung dilakukan oleh Bapak Drs. Muntohar sekitar pukul 08.00 WIB dengan dibantu oleh rekan-rekannya berjalan dengan lancar.

Sementara itu Waka Kesiswaan Ibu Margiati, M.Pd dan selaku penanggungjawab kegiatan pelatihan hewan qurban, Bapak Faqih Mudjtahid, S.Ag sedang memberikan pengarahan kepada Siswa-siswi MAN 2 Cilacap tentang bagaimana doa, cara dan urutan-urutan dalam berqurban ini.

Bapak Faqih menyampaikan,”Tujuan utama dari pelatihan qurban adalah menanamkan keimanan dengan mengaplikasikan syukur atas karunia yang diberikan Allahu’Azza Wajalla, dengan belajar keikhlasan, kesabaran dan ketulusan dalam hal permasalahan terkecil, dengan pembiasaan menginfakan sebagian harta yang dimiliki, sehingga kelak terbiasa berkorban dalam skoop besar.

Menurutnya pelaksanaan pelatihan qurban ini, semakin bermakna, dari perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian terkoordinir dengan matang, dan terlihat hidmah.

Para tenaga pendidik dan kependidikan juga ikut mendampingi Siswa-siswi MAN 2 Cilacap dalam proses pengelolaan hewan qurban.

Bu Margi juga menambahkan ,”Pelatihan praktek pengelolaan hewan qurban dan kegiatan ini bertujuan yang pertama, bagi anak itu sendiri melatih bagaimana dia nanti kalo dalam kehidupan nyata itu mengolah qurban, mulai dari mana dapatkan dana itu, bagaimana cara menyembelih, bagaimana pembagiannya, yang kedua terlatih untuk terbiasa berbagi, jadi dengan memotong hewan qurbankan dibagian kepada siapa saja dan itu untuk pelatihan karakternya.”

Jadi nanti siswa juga tau,hewan apa saja yang bisa disembelih, ternyata tidak hanya hewan jantan saja, hewan betinapun juga bisa. Jadi di harapkan setelah itu anak-anak tau.

Hasil dari kegiatan pelatihan dan praktek pengelolaan hewan qurban ini akan dibagikan kepada masyarakat sekitar. (TimpemberitaanMAN2Clp)

Sebanyak 118 Siswa MAN 2 Cilacap Lolos Seleksi Masuk PTN 2024

Cilacap, 20 Juni 2024 – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Cilacap mencatat prestasi membanggakan dengan diterimanya 118 siswa di berbagai perguruan tinggi negeri melalui berbagai jalur seleksi pada tahun 2024. Keberhasilan ini membuktikan komitmen MAN 2 Cilacap dalam memberikan pendidikan berkualitas dan mempersiapkan generasi muda yang berdaya saing.

Melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), sebanyak 29 siswa berhasil diterima di Universitas-universitas terkemuka di Indonesia.

Selain itu, 4 siswa diterima di Politeknik Kesehatan jalur Penerimaan Mahasiswa Diploma Politeknik (PMDP) dan Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (CBT SIMAMA).

Tidak hanya itu, sebanyak 38 siswa berhasil menembus perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), sementara 47 siswa diterima di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN PTKIN). Pencapaian ini mencerminkan keseimbangan antara pendidikan umum dan agama yang menjadi ciri khas MAN 2 Cilacap.

Kepala MAN 2 Cilacap, Bapak Drs. Muntohar menyampaikan , apresiasi yang tinggi kepada seluruh siswa yang berhasil diterima di perguruan tinggi negeri. “Kami bangga dengan pencapaian luar biasa ini. Kesuksesan ini merupakan buah kerja keras, dedikasi, dan komitmen para siswa, serta dukungan dari para guru dan orang tua

Beliau juga mengajak seluruh pihak untuk terus mendukung pendidikan di MAN 2 Cilacap dan mendorong siswa untuk terus berprestasi demi masa depan yang lebih cerah.

MAN 2 Cilacap akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan potensi siswa agar dapat meraih kesuksesan lebih besar.

Senam Pagi: Awali Hari dengan Energi

Cilacap (TimpemberitaanMAN2Clp)- Kegiatan senam pagi dilaksanakan di lapangan utama dengan melibatkan Siswa-siswi Kelas X, XI dan para tenaga pendidik dan kependidikan MAN 2 Cilacap. Rabu(12/06).

Senam pagi di sekolah memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan fisik maupun mental para siswa. Berikut beberapa manfaat dari kegiatan senam pagi di sekolah:

Meningkatkan Kesehatan Fisik: Membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh siswa.

Meningkatkan Konsentrasi: Aktivitas fisik sebelum pelajaran dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus siswa.

Membangun Kebiasaan Sehat: Membiasakan siswa untuk berolahraga sejak dini.

Meningkatkan Semangat: Senam pagi dapat meningkatkan semangat dan mood positif di kalangan siswa.

Membangun Rasa Kebersamaan: Kegiatan senam bersama dapat mempererat hubungan antar siswa dan guru.

Ada beberapa aspek penting dalam kegiatan senam pagi ini yang harus kita perhatikan yaitu
1. Pemanasan: Mulailah dengan pemanasan untuk mencegah cedera.
2. Gerakan Bervariasi: Sertakan berbagai gerakan seperti peregangan, loncatan, dan gerakan koordinasi.
3. Instruktur yang Berpengalaman: Pastikan ada guru atau instruktur yang memimpin dan memastikan gerakan dilakukan dengan benar.
4. Musik yang Menyenangkan: Musik yang energik dapat meningkatkan semangat siswa.
5. Durasi yang Tepat: Sekitar 15-30 menit adalah durasi yang ideal untuk senam pagi di sekolah.
tujuan senam pagi ini yaitu untuk menekankan pentingnya memulai hari dengan aktivitas fisik yang menyegarkan dan memberikan energi positif bagi para siswa.
Rangkaian senam pagi dimulai dari pemanasan, gerakan utama dan pendinginan. Pada pemanasan senam biasanya jalan ditempat, kemudian ada gerakan rotasi pergelangan tangan dan kaki. Gerakan utama dengan diiringi gerakan tangan dan kaki secara bersamaan, loncat bintang dan gerakan lunge. Terakhir pada pendinginan adanya peregangan otot kaki, tangan dan punggung.
Dengan rutin melakukan senam pagi, diharapkan siswa bisa memulai hari dengan energi yang positif dan siap menghadapi aktivitas belajar dengan lebih baik. (jr)

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Asesmen Sumatif Kurikulum Merdeka

Cilacap (Timpemberitaan)- Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) kenaikan kelas , dilaksanakan oleh Siswa-siswi Kelas X dan XI MAN 2 Cilacap pada tanggal 3-11 Juni 2024 secara online menggunakan aplikasi Quipper. Selasa (11/06)

Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) adalah evaluasi yang dilakukan pada akhir tahun akademik untuk mengukur pencapaian belajar siswa selama satu tahun pelajaran. Evaluasi ini biasanya mencakup berbagai mata pelajaran dan bertujuan untuk menilai seberapa baik siswa telah memahami materi yang diajarkan. Hasil dari ASAT sering digunakan sebagai dasar untuk menentukan kemajuan siswa ke tingkat berikutnya atau untuk memberikan feedback tentang area yang perlu diperbaiki.

Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) menggunakan aplikasi online memerlukan perencanaan dan implementasi yang teliti untuk memastikan evaluasi berjalan lancar dan adil. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam pelaksanaan ASAT secara online:
1. Perencanaan dan Persiapan
Pemilihan Platform: Sekolah memilih platform atau aplikasi online yang akan digunakan untuk pelaksanaan ASAT. Platform ini harus aman, user-friendly, dan dapat diakses oleh semua siswa.
Penyusunan Jadwal: Menyusun jadwal pelaksanaan ASAT untuk setiap kelas dan mata pelajaran serta memastikan jadwal tersebut diinformasikan kepada siswa dan orang tua.
Pelatihan Pengguna: Melakukan pelatihan bagi guru dan siswa mengenai cara penggunaan aplikasi online yang dipilih.

2. Pembuatan Soal
Desain Soal: Guru menyusun soal-soal yang sesuai dengan kurikulum dan format yang didukung oleh aplikasi online.
Uji Coba Soal: Menguji coba soal di platform online untuk memastikan tidak ada masalah teknis dan memastikan semua soal dapat diakses dan dijawab dengan baik.

3. Pelaksanaan Ujian
Distribusi Informasi: Mengirimkan informasi tentang jadwal ujian, panduan teknis, dan login ke aplikasi online kepada siswa.
Pengawasan Ujian: Meskipun ujian dilakukan secara online, pengawasan bisa dilakukan secara langsung untuk memastikan kejujuran selama ujian.
Masalah Teknis: Memastikan tim teknis siap sedia untuk mengatasi masalah teknis yang mungkin muncul selama pelaksanaan ujian.

4. Penilaian
Otomatisasi Penilaian: Jika aplikasi online memiliki fitur otomatisasi penilaian, hasil bisa segera didapatkan setelah siswa menyelesaikan ujian.
Penilaian Manual: Untuk soal-soal esai atau tugas yang memerlukan penilaian manual, guru dapat mengakses jawaban siswa melalui platform dan memberikan penilaian.

5. Pengolahan Hasil dan Pelaporan
Rekapitulasi Nilai: Hasil ujian direkap dan diolah untuk mendapatkan nilai akhir.
Pembuatan Laporan: Nilai akhir disertakan dalam laporan hasil belajar siswa yang akan diberikan kepada siswa dan orang tua.
Pengumuman Hasil: Hasil ASAT diumumkan melalui platform online atau portal sekolah.

6. Tindak Lanjut
Analisis Hasil: Analisis hasil ASAT dilakukan untuk mengetahui area yang perlu ditingkatkan baik secara individu maupun keseluruhan kelas.
Perencanaan Perbaikan: Berdasarkan hasil analisis, sekolah dan guru merencanakan langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tahun berikutnya.
Dengan langkah-langkah ini, sekolah dapat memastikan bahwa proses ASAT sebagai dasar kenaikan kelas berjalan secara adil dan transparan, serta mendukung perkembangan akademik siswa secara menyeluruh.
Proses yang menentukan apakah seorang siswa dapat melanjutkan ke tingkat kelas berikutnya berdasarkan pencapaian akademik mereka selama tahun ajaran. Proses ini sangat penting karena memastikan bahwa siswa memiliki pemahaman yang cukup tentang materi pelajaran sebelum melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi.
(jr)
× Ada yang bisa kami bantu?