Pelatihan dan Praktek Pengelolaan Hewan Qurban MAN 2 Cilacap

Cilacap, 20 Juni 2024 – Pelatihan dan praktek pengelolaan hewan qurban diikuti dari panitia, osim, formaba dan perwakilan kelas masing-masing di halaman MAN 2 Cilacap.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Madrasah Bapak Drs. Muntohar, didampingi Ketua TU Bapak H. Cartim, S.Pd.I dan Ahmad Mujdtahid, S.Pd.

Penyembelihan hewan qurban langsung dilakukan oleh Bapak Drs. Muntohar sekitar pukul 08.00 WIB dengan dibantu oleh rekan-rekannya berjalan dengan lancar.

Sementara itu Waka Kesiswaan Ibu Margiati, M.Pd dan selaku penanggungjawab kegiatan pelatihan hewan qurban, Bapak Faqih Mudjtahid, S.Ag sedang memberikan pengarahan kepada Siswa-siswi MAN 2 Cilacap tentang bagaimana doa, cara dan urutan-urutan dalam berqurban ini.

Bapak Faqih menyampaikan,”Tujuan utama dari pelatihan qurban adalah menanamkan keimanan dengan mengaplikasikan syukur atas karunia yang diberikan Allahu’Azza Wajalla, dengan belajar keikhlasan, kesabaran dan ketulusan dalam hal permasalahan terkecil, dengan pembiasaan menginfakan sebagian harta yang dimiliki, sehingga kelak terbiasa berkorban dalam skoop besar.

Menurutnya pelaksanaan pelatihan qurban ini, semakin bermakna, dari perencanaan, pengorganisasian, pengaktualisasian terkoordinir dengan matang, dan terlihat hidmah.

Para tenaga pendidik dan kependidikan juga ikut mendampingi Siswa-siswi MAN 2 Cilacap dalam proses pengelolaan hewan qurban.

Bu Margi juga menambahkan ,”Pelatihan praktek pengelolaan hewan qurban dan kegiatan ini bertujuan yang pertama, bagi anak itu sendiri melatih bagaimana dia nanti kalo dalam kehidupan nyata itu mengolah qurban, mulai dari mana dapatkan dana itu, bagaimana cara menyembelih, bagaimana pembagiannya, yang kedua terlatih untuk terbiasa berbagi, jadi dengan memotong hewan qurbankan dibagian kepada siapa saja dan itu untuk pelatihan karakternya.”

Jadi nanti siswa juga tau,hewan apa saja yang bisa disembelih, ternyata tidak hanya hewan jantan saja, hewan betinapun juga bisa. Jadi di harapkan setelah itu anak-anak tau.

Hasil dari kegiatan pelatihan dan praktek pengelolaan hewan qurban ini akan dibagikan kepada masyarakat sekitar. (TimpemberitaanMAN2Clp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *