Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Asesmen Sumatif Kurikulum Merdeka

Cilacap (Timpemberitaan)- Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) kenaikan kelas , dilaksanakan oleh Siswa-siswi Kelas X dan XI MAN 2 Cilacap pada tanggal 3-11 Juni 2024 secara online menggunakan aplikasi Quipper. Selasa (11/06)

Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) adalah evaluasi yang dilakukan pada akhir tahun akademik untuk mengukur pencapaian belajar siswa selama satu tahun pelajaran. Evaluasi ini biasanya mencakup berbagai mata pelajaran dan bertujuan untuk menilai seberapa baik siswa telah memahami materi yang diajarkan. Hasil dari ASAT sering digunakan sebagai dasar untuk menentukan kemajuan siswa ke tingkat berikutnya atau untuk memberikan feedback tentang area yang perlu diperbaiki.

Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Tahun (ASAT) menggunakan aplikasi online memerlukan perencanaan dan implementasi yang teliti untuk memastikan evaluasi berjalan lancar dan adil. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam pelaksanaan ASAT secara online:
1. Perencanaan dan Persiapan
Pemilihan Platform: Sekolah memilih platform atau aplikasi online yang akan digunakan untuk pelaksanaan ASAT. Platform ini harus aman, user-friendly, dan dapat diakses oleh semua siswa.
Penyusunan Jadwal: Menyusun jadwal pelaksanaan ASAT untuk setiap kelas dan mata pelajaran serta memastikan jadwal tersebut diinformasikan kepada siswa dan orang tua.
Pelatihan Pengguna: Melakukan pelatihan bagi guru dan siswa mengenai cara penggunaan aplikasi online yang dipilih.

2. Pembuatan Soal
Desain Soal: Guru menyusun soal-soal yang sesuai dengan kurikulum dan format yang didukung oleh aplikasi online.
Uji Coba Soal: Menguji coba soal di platform online untuk memastikan tidak ada masalah teknis dan memastikan semua soal dapat diakses dan dijawab dengan baik.

3. Pelaksanaan Ujian
Distribusi Informasi: Mengirimkan informasi tentang jadwal ujian, panduan teknis, dan login ke aplikasi online kepada siswa.
Pengawasan Ujian: Meskipun ujian dilakukan secara online, pengawasan bisa dilakukan secara langsung untuk memastikan kejujuran selama ujian.
Masalah Teknis: Memastikan tim teknis siap sedia untuk mengatasi masalah teknis yang mungkin muncul selama pelaksanaan ujian.

4. Penilaian
Otomatisasi Penilaian: Jika aplikasi online memiliki fitur otomatisasi penilaian, hasil bisa segera didapatkan setelah siswa menyelesaikan ujian.
Penilaian Manual: Untuk soal-soal esai atau tugas yang memerlukan penilaian manual, guru dapat mengakses jawaban siswa melalui platform dan memberikan penilaian.

5. Pengolahan Hasil dan Pelaporan
Rekapitulasi Nilai: Hasil ujian direkap dan diolah untuk mendapatkan nilai akhir.
Pembuatan Laporan: Nilai akhir disertakan dalam laporan hasil belajar siswa yang akan diberikan kepada siswa dan orang tua.
Pengumuman Hasil: Hasil ASAT diumumkan melalui platform online atau portal sekolah.

6. Tindak Lanjut
Analisis Hasil: Analisis hasil ASAT dilakukan untuk mengetahui area yang perlu ditingkatkan baik secara individu maupun keseluruhan kelas.
Perencanaan Perbaikan: Berdasarkan hasil analisis, sekolah dan guru merencanakan langkah-langkah perbaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di tahun berikutnya.
Dengan langkah-langkah ini, sekolah dapat memastikan bahwa proses ASAT sebagai dasar kenaikan kelas berjalan secara adil dan transparan, serta mendukung perkembangan akademik siswa secara menyeluruh.
Proses yang menentukan apakah seorang siswa dapat melanjutkan ke tingkat kelas berikutnya berdasarkan pencapaian akademik mereka selama tahun ajaran. Proses ini sangat penting karena memastikan bahwa siswa memiliki pemahaman yang cukup tentang materi pelajaran sebelum melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi.
(jr)

One Reply to “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Asesmen Sumatif Kurikulum Merdeka”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *