Perpustakaan KH Sufyan Tsauri MAN 2 Cilacap : Memantik Literasi dengan Donasi

Cilacap (Timpemberitaan) – Perpustakaan KH Sufyan Tsauri MAN 2 Cilacap mengadakan donasi. Donasi ini tidak hanya buku tapi bisa dengan yang lain misalnya komputer bekas. Selasa (04/06)

Ide awal donasi ini terkait pengadaan, karena perpustakaan kita sudah bagus, tetapi koleksinya masih kurang, maka perlu kita adakan donasi. Sementara dana sekolah itu masih bergelut untuk pemenuhan buku pelajaran, dan itu amanat dari BOS dan DIPA sekian persen , lebih ke arah pemenuhan buku pelajaran sehingga masih kurang. Disisi lain setelah kita punya sarana dan prasarana yang bagus juga ingin terakreditasi, karena perpustakaan dinilai bagus tidaknya dari akreditasi. Jadi kemudian kita melakukan kajian terhadap akreditasi perpustakaan.

Salah satu persyaratannya jumlah minimal koleksi untuk bisa terakreditasi A itu 2500 judul buku non pelajaran, sementara kita cuma punya sekitar 500-an. Jadi kenyataan bahwa dana masih terserap untuk buku pelajaran, sementara kita masih mengejar 2500 judul , maka salah satu solusi dengan donasi

Target utama donasi ini yaitu untuk terakreditasi dimana keinginan tidak hanya dimanfaatkan oleh anak-anak atau civitas MAN 2 Cilacap tetapi untuk umum. Sementara penanggung jawab Perpustakaan, Udin Wardoyo,M.Pkim menambahkan “bahwa perpustakaan ini sudah lama didirikan cuma memiliki gedung baru dan sarana yang memadai disebut perpus baru di tahun 2023. Waktu untuk donasi sebagai program dibatasi pada bulan juni ini secara pengajuan, tapi ini tidak membatasi jika ada yang masih berdonasi.”

Program donasi ini tidak hanya buku tapi bisa juga komputer bekas. Buku yang di donasikan minimal satu untuk satu orang. Siapa saja boleh berdonasi tidak hanya warga MAN 2 Cilacap tetapi bisa masyarakat luas atau para alumi, tempat donasi di Perputakaan MAN 2 Cilacap dibuka pada jam kerja .

Harapan pak Udin Wardoyo “Anak-anak mencintai buku , anak-anak MAN 2 Cilacap itu mencapai taraf Literasi yang lebih baik , karena buku itu memperhalus perasaan memberikan cara berbahagia yang berbeda. Karena orang yang tidak terliterasi itu melihat dunia itu sangat besar ,cara mereka meletakkan definisi bahagianya, kenikmatannya kapada fisik. Tetapi ketika dia cukup terliterasi maka definisi kebahagiaan dan kenikmatan itu akan melebar menjadi lebih luas, sehingga orang-orang yang terliterasi itu mempunyai peluang berbahagia lebih essensial, lebih banyak peluangnya. Dan saya konsen kesitu kenapa pendidikan kita buruk terus rendah nilainya ,karena literasinya tidak jalan,”Pungkasnya. (jr).

One Reply to “Perpustakaan KH Sufyan Tsauri MAN 2 Cilacap : Memantik Literasi dengan Donasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *