Pelepasan dan Pengukuhan Peserta Didik Kelas 12 MAN 2 Cilacap ; Bangkit, Bergerak Bersama Menuju Madrasah Mendunia

Cilacap, 25 Mei 2024 – MAN 2 Cilacap menggelar acara pelepasan dan pengukuhan peserta didik kelas 12 dengan tema “Bangkit Bergerak Bersama Menuju Madrasah Mendunia”. Acara yang penuh khidmat dan kebersamaan ini diadakan di parkir area dan disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi MAN 2 Cilacap.

Acara dimulai dengan penampilan tari gambyong dan prajurit sebagai bentuk penyambutan tamu dan juga ada iringan karawitan berkolaborasi dalam menampilkan kekayaan budaya lokal yang dipersembahkan oleh para siswa.

Kepala MAN 2 Cilacap, Drs. Muntohar, dalam sambutannya menyampaikan pesan inspiratif kepada para siswa yang telah menyelesaikan pendidikan mereka di Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap. Beliau mengungkapkan harapan agar para lulusan dapat terus melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi.

“Kalian adalah generasi penerus yang akan membawa perubahan positif. Jadilah agen perubahan yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. Lanjutkan cita-citamu yang kelak membawaku berkiprah masyarakat luas bahkan di kancah dunia, ” ujarnya.

Camat Majenang, Aji Pramono, S. STP, M. M mengapresiasi MAN 2 Cilacap sebagai sekolah dengan siswa terbanyak di Kota Majenang. Dalam sambutannya beliau menyarankan para lulusan untuk melanjutkan pendidikan untuk menyongsong Indonesia Emas tahun 2045. Menurutnya, para lulusan saat inilah yang kelak menduduki posisi strategis bangsa ini. “Masa depan kalian tergantung apa yang kalian lakukan hari ini. Maka teruslah berprestasi dan jaga nama baik MAN 2 Cilacap,” sambungnya.

Acara pelepasan ini juga diisi dengan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi dan terbaik. Prestasi terbaik jurusan IPA, IPS dan Agama berturut-turut adalah Kania Wulan Purbaningrum, Riyanti, Lubha Sahara Ramadhani.

Bagi yang tidak dapat hadir langsung, acara ini dapat disaksikan secara lengkap melalui live streaming di kanal YouTube MAN 2 Cilacap, memberikan kesempatan bagi keluarga dan sahabat yang berada di luar kota untuk turut merayakan momen berharga ini.

Tidak kalah meriahnya ada beberapa penampilan yang disajikan dalam acara ini, diantaranya tari gamyong dengan di iringi musik dari tim karawitan atau kita sebut “Harmoni Mandala” kemudian ada padus atau yang kita kenal dengan “Solid Mandala”

Suasana menjadi semakin meriah dengan penampilan spesial dari Ibu-ibu guru yang membawakan lagu-lagu medley rungkad, yo wis ben, sampai jumpa, serta penampilan alumnus kelas 12 yang dikomandoi oleh Kamila, kemudian dilanjutkan Indra Agus Saputra siswa kelas 11 juara lomba solo song tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang menambah semarak acara.

Pelepasan dan pengukuhan peserta didik ini bukan hanya sebagai tanda berakhirnya masa belajar di madrasah, tetapi juga sebagai awal dari perjalanan baru menuju kesuksesan yang lebih besar. (jr)

One Reply to “Pelepasan dan Pengukuhan Peserta Didik Kelas 12 MAN 2 Cilacap ; Bangkit, Bergerak Bersama Menuju Madrasah Mendunia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *